• Beranda
  • Profil
  • Koleksi
  • Publikasi
  • Kontak Kami
  • Survei Kepuasan
  • Standar Layanan
  • Area Anggota

 

 

Peluncuran Buku Ombudsprudensi “Kumpulan Hasil Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat”

5 Maret 2024

Dalam pelaksanaan tugas penyelesaian laporan masyarakat, Ombudsman RI telah mengembangkan metode dan bentuk penanganan pengaduan laporan masyarakat dalam suatu buku yang disebut Ombudsprudensi, merupakan analisis proses dan mekanisme suatu laporan masyarakat yang diselesaikan Ombudsman RI yang kemudian ditulis kedalam format buku. Ombudsprudensi diharapkan menjadi acuan dalam penanganan laporan secara berkelanjutan baik bagi Insan Ombusman, Pelapor dan Pihak Terkait. 

Buku Ombudsprudensi ini merupakan buku yang ke-4 setelah sebelumnya diterbitkan pada tahun 2009, 2010, dan 2016. Pada tahun 2023 ini, buku Ombudsmprudensi Kembali diterbitkan bertepatan dengan ulang tahun Ombudsman yang ke-24. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2024, bertempat di Kantor Pusat Ombudsman RI Lantai 1, Ruang Aula Serba Guna.

Acara diawali oleh keynote speech dari Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus yang sekaligus membuka acara peluncuran ini.  Dalam kegiatan ini juga hadir 4 Narasumber yaitu, Budi Santoso (Anggota Ombudsman Periode 2011-2016), Ninik Rahayu (Anggota Ombudsman Periode 2016-2021), Adin Bondar (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional), dan Ratna Sari Dewi (Kepala Keasistenan Rekomendasi dan Monitoring Ombudsman RI). 

Buku Ombudsprudensi ini dibagi menjadi 4 jilid yang masing-masing memiliki tema yaitu; 

  • Jilid 1 tentang Perpajakan/Retribusi – Pendidikan Administrasi dan Catatan Sipil – Kepolisian,
  • Jilid 2 tentang Pemerintahan Dalam Negeri/Daerah/Desa – Kesejahteraan Sosial – Pertambangan dan Energi – Kesehatan
  • Jilid 3 tentang Air Bersih/PDAM – Perbankan/Pegadaian Kepegawaian/Ketenagakerjaan – Infrastruktur Transportasi/Perhubungan
  • Jilid 4 tentang Agraria/Pertanahan – Perumahan/Permukiman Administrasi Peradilan – Perizinan Komunikasi dan Informatika.

pada kesempatan kali ini para narasumber memberikan masukan-masukan dan tanggapan dengan diluncurkannya buku Ombudsprudensi ini, Wakil Ketua Ombudsman menyampaikan bahwa dengan buku ini juga disampaikan kepada pemangku kepentingan bahwa nilai utama Ombudsman dilaksanakan dengan sesungguh-sungguhnya. tanggapan oleh Budi Santoso disampaikan, bahwa setidaknya buku ini dapat menjadi salah satu refrensi atau rujukan utama yang sementara ini bisa digunakan untuk perbandingan bagi upaya penyelesaian laporan dugaan maladministrasi atas pengawasan publik. 

Kegiatan Launching Buku Ombudsprudensi yang diselenggarakan secara hybrid ini dihadiri oleh Para peserta yang hadir secara luring dari berbagai Perpustakaan Khusus mengikuti acara dengan antusias, juga para perserta yang menyaksikan acara secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube melalui live Youtube Ombudsman RI.

Tautan Lainnya

  • Profil
  • Koleksi
  • Publikasi
  • Keanggotaan
  • Survey Kepuasan
  • Kontak Kami

Tautan Lainnya

  • Ombudsman RI
  • Perpus RI
  • e-Resources Perpusnas RI
  • PPID Ombudsman RI
  • JDIH Ombudsman RI

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.


© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?