Judul : Pelayanan Publik Banua
Penulis : Benny Sanjaya, dkk.
Penerbit : Ombudsman Republik Indonesia
Desktipsi : xi, 118 halaman,
ISBN : -
"Tidak ada toleransi bagi penyelenggara pelayanan publik yang lambat dan berbelit-belit. Tidak ada tempat bagi pelayanan yang tidak ramah dan tidak responsif. Jangan pernah merasa cukup dengan apa yang telah dikerjakan, karena situasi terus berubah. Penyelenggara pelayanan publik tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja, harus segera mengubah cara berpikir.”
Demikian pesan dari Presiden Republik Indonesia (RI), Bapak Joko Widodo. Disampaikan pada kesempatan penyerahan hasil penilaian kepatuhan tingkat nasional dari Ombudsman RI sekitar akhir tahun 2021. Pesan ini sangat kuat dan harus menjadi motivasi bagi seluruh penyelenggara pelayanan publik di tingkat kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah (pemda).
Buku ini hadir sebagai wujud ikhtiar nyata membangun peradaban pelayanan publik 4.0 baik berupa quality assurance ataupun quality improvements. Lebih khusus, buku ini berisi kompilasi tulisan opini dalam rangka memperkaya literasi terkait kiprah pengawasan pelayanan publik di berbagai sektor yang bersumber dari sudut pandang penyelenggara dan pengamat pelayanan publik, terutama di Provinsi Kalimantan Selatan.