International Ombudsman Institute (IOI) menerbitkan makalah berjudul "Connecting with communities: Outreach practices from Ombudsman around the world", sebagai hasil dari Konferensi Dunia IOI ke-13 dan mencerminkan praktik penjangkauan diantara anggota IOI.
Ombudsman sebagai Lembaga pengawas pelayanan publik dapat menghubungkan antara pemerintah dengan masyarakat sebagai pengguna layanan. Ombudsman dapat menjadi sarana untuk penyampaian aspirasi masyarakat dalam konteks perbaikan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah. Berkaitan dengan hal tersebut, sangat penting bagi Ombudsman untuk bisa menjangkau berbagai kelompok masyarakat dan komunitas lainnya dengan berbagai kondisi. Untuk itu diperlukan strategi dan metode tertentu dalam menjangkau kelompok masyarakat dan komunitas yang membutuhkan
Tujuan dari makalah ini adalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:
1. Apa arti penjangkauan bagi Lembaga Ombudsman yang berpartisipasi?
2. Siapa yang ingin dijangkau dan bagaimana cara mengindentifikasi kelompok atau komunitas tersebut?
3. Bagaimana cara penyelenggaraan penjangkauan tersebut? Dan faktor apa saja yang menjadi pertimbangan saat menentukan metode penjangkauan terkait?
Makalah ini didasari oleh kontribusi serta pertukaran informasi dari para anggota IOI diberbagai negara terkait praktik penjangkauan layanan pelayanan public dan dilengkapi dengan contoh serta praktik yang telah dilakukan oleh para Lembaga yang berkontribusi.